Kuliah Pakar Pembuatan Nutrisi Enteral

Pada tanggal 27 Februari 2024, Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Makassar menyelenggarakan acara kuliah pakar dengan tema “Pembuatan Nutrisi Enteral” yang dipresentasikan oleh Ibu Merry Aitonam, STP, M.Si, RD. Acara ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Dietisien dan dosen dari Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Makassar.

Ibu Merry Aitonam, seorang Dietisien yang berpengalaman, memberikan paparan yang mendalam tentang proses pembuatan nutrisi enteral yang sesuai dengan standar kesehatan dan nutrisi. Berikut rangkuman dari kuliah pakar tersebut:

  1. Pengenalan Nutrisi Enteral: Ibu Merry memulai presentasinya dengan memberikan pemahaman tentang apa itu nutrisi enteral, peranannya dalam mendukung kesehatan pasien yang tidak dapat menerima makanan secara oral, dan pentingnya nutrisi enteral yang tepat sesuai dengan kebutuhan pasien.
  2. Bahan-Bahan dan Komposisi Nutrisi: Peserta diajak untuk memahami bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan nutrisi enteral, termasuk jenis-jenis karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pasien.
  3. Proses Pembuatan Nutrisi Enteral: Ibu Merry menjelaskan secara rinci tentang langkah-langkah dalam proses pembuatan nutrisi enteral, mulai dari formulasi hingga sterilisasi dan pengemasan, serta pentingnya menjaga kebersihan dan keamanan selama proses produksi.
  4. Kualitas Nutrisi Enteral: Dalam sesi ini, peserta diberikan pemahaman tentang kriteria-kriteria kualitas nutrisi enteral, termasuk faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih produk nutrisi enteral yang sesuai dengan kebutuhan pasien.
  5. Aplikasi dalam Praktek: Kuliah pakar ini juga memberikan contoh aplikasi pembuatan nutrisi enteral dalam praktek klinis, dengan menyoroti kasus-kasus klinis dan strategi nutrisi enteral yang tepat dalam penanganan kondisi medis tertentu.

Kegiatan ini menjadi kesempatan berharga bagi mahasiswa Pendidikan Profesi Dietisien untuk memperdalam pemahaman mereka tentang pembuatan nutrisi enteral yang merupakan salah satu aspek penting dalam praktek dietetik klinis. Partisipasi dosen dari Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Makassar juga memberikan kontribusi yang berharga dalam memperkaya diskusi dan pertukaran informasi selama acara.

Terima kasih kepada Ibu Merry Aitonam atas paparan yang informatif dan inspiratif, serta kepada semua pihak yang telah berperan dalam suksesnya acara kuliah pakar ini. Semoga pengetahuan yang diperoleh dapat diaplikasikan dengan baik dalam praktek klinis di masa mendatang, untuk meningkatkan kualitas pelayanan dietetik bagi pasien.

Berikut Tayang Kuliah Pakar tersebut di atas :