4 Tips Memulai Puasa Ramadhan dengan Sehat

Oleh : Manjilala, S.Gz, M.Gizi

Puasa Ramadhan adalah bulan yang istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia. Selain sebagai ibadah, puasa juga memiliki manfaat kesehatan yang besar jika dilakukan dengan benar. Namun, bagaimana cara menyambut bulan ramadhan dengan sehat? Berikut adalah 4 tips yang bisa Anda terapkan:

  1. Konsumsi Air yang Cukup: Pastikan Anda minum air putih yang cukup saat sahur dan juga setelah berbuka. Hindari minuman berkafein seperti kopi dan teh karena dapat menyebabkan dehidrasi. Air putih adalah pilihan terbaik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi selama puasa.
  2. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran: Buah-buahan dan sayuran mengandung banyak air, serat, serta vitamin yang penting untuk kesehatan tubuh. Konsumsilah buah dan sayuran saat berbuka dan sahur untuk menjaga keseimbangan gizi dan menjaga kesehatan pencernaan.
  3. Hindari Makanan Berlemak dan Berat: Makanan yang berlemak dan berat dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama, namun bisa juga menyebabkan penumpukan lemak dan membuat tubuh terasa lemas saat berpuasa. Lebih baik pilih makanan yang ringan dan mudah dicerna agar tetap bertenaga sepanjang hari.
  4. Jaga Aktivitas Fisik: Meskipun sedang berpuasa, tetaplah aktif secara fisik. Lakukanlah aktivitas ringan seperti jalan kaki atau senam ringan untuk menjaga sirkulasi darah dan membakar kalori. Namun, hindari aktivitas fisik yang terlalu berat agar tidak kelelahan.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda bisa memulai puasa Ramadhan dengan sehat dan tetap bertenaga sepanjang hari. Selamat menjalani ibadah puasa bagi yang menjalankannya!