Antusiasme Siswa-Siswi SDN 245 Cabbella Kab. Maros


penyuluhan sarapan

Sabtu (27/9) Poltekkes Kemenkes Makassar Jurusan Gizi menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di SDN 245 Cabbella Kabupaten Maros. Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya (baca disini).

Sebagaimana petunjuk teknis pengabmas yang disusun oleh Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UP2M) Poltekkes Kemenkes Makassar Jurusan Gizi, kegiatan Pengabmas di SDN 245 Cabbella Kab. Maros ini akan diselenggarakan mulai bulan September 2014 s/d Januari 2015. Kegiatan Pengabmas diawali dengan pelatihan pengukuran antropometri bagi guru-guru di SDN 245 Cabbella Kab. Maros dan dilanjutkan dengan Penyuluhan dan Pemantauan pertumbuhan setiap bulan.

Setiap bulan, Poltekkes Kemenkes Makassar Jurusan Gizi akan mengirim 6 (enam) orang dosen dan 4 (empat) orang mahasiswa untuk melakukan kegiatan penyuluhan, pemantauan pertumbuhan serta pemberian PMT. Pada bulan September ini, kami mengangkat topic penyuluhan Biasakan Sarapan, dan dosen yang berpartisipasi ialah : Ir. Agustian Ipa, M.Kes, Mustamin, SP, M.Kes, Sirajuddin, SP, M.Kes, Manjilala, SGz, M.Gizi dan Chaerunimah, SKM, M.Kes serta 4 (empat) orang mahasiswa yaitu : Desi Wulandari, Fasa Novita, Indah Soraya dan Ayu Anstasia.

Kelas dibagi menjadi 2 bagian dan setiap kelas didamping oleh 3 (tiga) orang dosen dan 2 (dua) orang mahasiswa. Sesi pengabmas dimulai dengan pengukuran antropometri, dilanjutkan dengan penyuluhan tentang Kebiasaan Sarapan serta ditutup dengan pembagian PMT local berupa kue tradisional dan air mineral.

Jumlah siswa yang berpastisipasi pada kegiatan ini sebanyak 63 orang yang terdiri atas 10 siswa kelas 1, 11 siswa kelas 2, 13 siswa kelas 3, 12 siswa kelas 4, 7 siswa kelas 5 dan 10 siswa kelas 6, serta disaksikan oleh 3 orang guru.

Hasil pengukuran antropometri menunjukkan bahwa sebanyak 36.51% siswa mengalami gizi kurang+buruk (BB/U), sebanyak 41.27% mengalami pendek+sangat pendek (TB/U) dan sebanyak 17.46% mengalami kurus+sangat kurus. Hal tersebut menunjuukkan bahwa masalah gizi di sekolah ini sangat memprihatinkan dan membutuhkan penanganan yang cukup serius.

Siswa sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Pengabmas Bulan ini, bahkan mereka sangat aktif ketika kami melontarkan beberapa pertanyaan dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh tim kami. Hal tersebut member efek positif kepada kami untuk bisa berbuat lebih banyak di tempat ini.

Semoga bulan-bulan kedepan kami bisa mempersembahkan kegiatan yang lebih berkualitas dan status gizi siswa di SDN 245 Cabbella kabupaten maros terus membaik. Salam Sehat, sampai jumpa bulan depan.

Berikut beberapa foto kegiatan

pengbmas gizi

Pembagian PMT Lokal

pengabmas gizi

Bapak Sirajuddin, SP, M.Kes sedang memeriksa hasil pekerjaan siswa

Bapak Manjilala, SGZ, M.Gizi menyajikan materi Penyuluhan tentang Sarapan

Bapak Manjilala, SGZ, M.Gizi menyajikan materi Penyuluhan tentang Sarapan

pengukuran antropometri

Pengukuran Antropometri (Tinggi badan)

Berpose sebelum mengonsumsi PMT Lokal

Berpose sebelum mengonsumsi PMT Lokal

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *